Selamat datang di SampulBaca.Com

SENI BERPROMOSI

Friday, August 23, 20130 comments


Promosi adalah suatu hal yang wajib bagi seorang marketer untuk memperkenalkan produknya. Ibarat pepatah "tak kenal maka tak saya. Promosi memang sangat dibutuhkan oleh kalangan pebisnis, maka adanya sebuah peluang yang menyediakan wadah atau sebuah sarana yang menawarkan jasa promosi seperti jasa iklan, poster, reklame, atau lewat rekrutmen sales dan lain sebagainya. Saking dahsyatnya promosi untuk mendongkrak penjualan produk. Perusahaan pun sehingga berani membayar mahal karena dengan promosi inilah penjualan mereka naik. Seorang jasa  iklan pun juga cerdik menyediakan sarana promosi seperti memasang reklame di tempat keramaian, seperti Perempatan jalan, Mall, Pasar, dan juga di dunia maya seperti facebook, web dan situs - situs lainnya.

Beberapa pengamatan saya tentang gaya berpromosi mulai dari bisnis penjualan ritel sampai ke penjualan sekala besar. Adalah suatu hal yang menarik  untuk dikupas dan dipelajari secara mendalam tidak hanya promosi itu suatu hal yang bertujuan hanya memperkenalkan produk saja tapi ada suatu sisi edukasi, hiburan, sampai ke humor. Pernah dibahas oleh salah satu rekan komunitas FLP yang mana tulisannya tembus di Jawa Pos menyinggung dua iklan jamu herbal yaitu Iklan Tolak Angin  dan Iklan Bintang Toejoeh. Saya rasa sebuah iklan yang sukses mengedukasi masyarakat sehingga kini menjadi jargon  masyarakat yaitu orang pintar masih kalah sama orang bejo.

Model iklan memang beragam ada yang dikemas dengan konsep cerita seperti iklan Coco Crunch yang menceritakan asal usul coklat dengan ikon singa, ada yang dengan konsep edukasi seperti iklan pasta gigi dengan gigi sensitif, ada juga yang menggunakan iklan humor seperti kartu As dengan Sule sebagai bintang iklannya atau juga dengan jargon seperti iklan rokok Jarum " Pria Punya Selera".

Model iklan seperti itulah memang sengaja di desain agar terlihat menonjol dan mempunyai sense di hati masyarakat  sehingga kesan dan pesannya tersampaikan.

Tapi bagaimana dengan kalangan usaha kecil yang tak mampu membayar mahal dengan memasang iklan di televisi?

Ada beberapa opsi yaitu bisa menggunakan media internet, baliho, mulut ke mulut atau menyebar brosur di jalan-jalan. Semua opsi tersebut haruslah sesuai dengan jenis produk apa yang akan dipromosikan karena tidak semua produk itu sesuai dengan opsi tersebut. Sebagai contoh promosi produk kesehatan menggunakan brosur, hal utama yang harus ditonjolkan adalah judul tentang solusi pengobatan. Misal obat Katarak, Judul yang digunakan Pengobatan Katarak tanpa Operasi dan yang kedua tentang artikel edukasi tentang khasiat obat tersebut. Beda sekali bila kita menyebar brosur dengan produk sepeda motor, maka yang harus di tonjolkan pertama kali yaitu desain foto sepeda motor itu sendiri dan yang kedua tentang spesifikasi motor tersebut kemudian baru harga.

Internet adalah fasilitas yang mudah dan juga media yang gratis untuk dibuat tempat promosi. Kita bisa membuat video iklan tanpa harus membayar biaya pasang iklannya karena di internet sudah disediakan tempat untuk upload video di Youtube. Sehingga seorang internet marketer cukup menyebarkan link videonya ke seluruh situs dengan gratis. Bagi yang gaptek komputer bisa lewat mulut ke mulut, atau yang bisa memanfaatkan media stiker, dengan stiker kan lebih mudah dan lebih mobile karena bisa tuch ditemplekan di motor atau di kaca mobil teman-teman kita. Gampangkan!!!!promosinya apalagi kalo motor / mobil teman kita suka keliling-keliling luar kota, ngak capek promosi kesana kemari dan murah lagi stiker kita sudah banyak dilihat orang bahkan di luar kota. he...he...he.

Waduh rasanya sudah pegel nich bro ngetiknya, sebenarnya masih banyak lagi trik promosi yang saya dapatkan dari teman bisnis. InsayaAllah  kalau ada waktu luang lagi saya ulas lain waktu, mohon doanya para sobat sampul baca agar Admin tetap sehat wal afiat dan tetap istiqomah menulis. Amin.


Share this article :

Post a Comment

Silahkan Pasang link web/ blog Anda di bawah ini
 
Support : Sampul baca | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Sampul Baca - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by SampulBaca.Com
Proudly powered by Blogger