Selamat datang di SampulBaca.Com

Bullying di Sekolah

Thursday, March 14, 20130 comments

sumber:remajaperiang.blogspot.com
Bullying yang artinya ancaman yang dilakukan terhadap orang lain yang lebih lemah. Tindakan Bullying ini tidak hanya di lakukan oleh Siswa di sekolah tapi juga bisa terjadi pada guru atau pegawai sekolah. Aksi Bullying yang biasanya dilakukan siswa terhadap teman-temannya yang lemah biasanya pemerasan atau ancaman -ancaman yang lain. Sedangkan Bullying yang terjadi pada guru terhadap muridnya seperti yang baru -baru ini santer diberitakan adalah pelecehan seksual.

Hanya saja aksi bullying ini terjadi di setiap kelas untuk kategori tingkatannya adanya ringan dan berat. Kalau kategori ringan biasanya yang dilakukan siswa antara lain pemaksaan mencontek dengan mengancam temannya yang lebih pintar sedangkan yang lebih berat ialah pemukulan, pengeroyokan, pemerasan dan pemerkosaa. Menurut saya hampir di setiap sekolah ada aksi bullying seperti ini dan kadang sulit di deteksi karena si korban aksi bullying ini kebanyakan diam tidak berani melapor kepada orang tua atau BK (bimbingan Konseling sekolah).

Maka dari itu sebagai orang tua atau guru yang mempunyai tanggung jawab terhadap putra -putrinya seharusnya harus peka dan bisa melihat perubahan yang terjadi dan dirasa ganjal yang terjadi pada putra -putri anda. Bisa jadi putra -putri anda kemungkinan menjadi korban aksi bullying. Karena akhir -akhir ini aksi bullying yang terjadi di sekolah maupun madrasah lagi santer diberitakan , mulai dari tawuran antar pelajar sampai pelecehan seksual. Perlu pengawasan dan perhatian yang serius bagi orang tua terhadap anaknya maupun guru terhadap anak didiknya.

Untuk mengetahui apakah anak kita menjadi korban bully  dari teman -temannya. Mungkin perilaku - perilaku aneh bgerikut bisa membantu apakah anak anda korban bully.

1. Nilai raport anak anda menurun drastis
2. sering mimpi buruk ketika tidur
3. males berangkat sekolah atau tempat les
4. makin pendiam
5. Hilang dan rusaknya pakaian
6. uang saku yang lebih diberikan sering habis
7. pulang sekolah langsung sakit
8. tidak percaya diri
9. perubahan sikap perilaku yang drastis.
10. nafsu makan berkurang.
11. sering pulang malam

Perlu di ketahui oleh orang tua bahwa bila hal ini terjadi tindakan yang harus dilakukan oleh orang tua sebaiknya melakukan komunikasi yang baik dengan anaknya atau berkonsultasi ke BK di sekolahnya mengenai perubahan tingkah laku putra -putrinya yang akhir -akhir ini di rasa aneh. Dan bila ini memang terjadi pada anak anda, sebagai orang tua harus bisa memotivasi, menunjukkan perhatian yang lebih bahwa masih ada orang yang sayang terhadap anak anda, orang tua dan teman -teman yang siap membantu.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Pasang link web/ blog Anda di bawah ini
 
Support : Sampul baca | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Sampul Baca - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by SampulBaca.Com
Proudly powered by Blogger